Cara Mengetahui Jenis Font dengan FontFace Ninja

FontFace_Ninja

Salah satu elemen terpenting dalam pembuatan website adalah penggunaan font. Selain dapat mempercantik tampilan website, penggunaan font yang tepat juga dapat membuat pembaca betah di website kita dan berlaku juga sebaliknya, bisa-bisa nanti pengunjung anda sakit mata karena anda menggunakan font yang sulit dibaca. 😀

Tapi, ketika menemukan referensi website yang menurut kita keren dan enak dibaca, kita gak tau font apa yang digunakan, untuk itu ada beberapa cara untuk mengetahunya, biar tahu caranya lanjut bacanya ya.. 🙂

Cara paling umum untuk mengetahui jenis/nama font pada sebuah website adalah dengan klik kanan, inspect element, kemudian cari nama font seperti gambar di bawah ini:

Selection_021

Naah, dari situlah kita dapat mengetahui font apa yang digunakan, hanya saja, butuh waktu dan ketelitian untuk mencari element yang tepat dan hal ini yang sering kali membingungkan para Designer, karena biasanya mereka tidak punya dasar pemrograman (css/html).

Namun sekarang ada cara yang lebih gampang dan cepat, yaitu dengan menggunakan sebuah browser plugin (chrome & safari) bernama FontFace Ninja, sehingga orang awam yang tidak mempunyai dasar pemrograman dapat dengan mudah mengetahui jenis font pada sebuah website. Anda bisa mendownloadnya di http://fontface.ninja.

Cara menggunakannya:

  1. Buka website yang ingin diketahui jenis fontnya.
  2. Klik icon Fontface.ninja pada browser anda.
  3. Tunggu beberapa saat, sampai muncul banner fonface.ninja pada bagian atas website
  4. Setelah muncul. klik text, maka akan tampil popup yang berisi keterangan font seperti nama dan ukuran font.shoot
  5. Jika beruntung, anda juga bisa dapat mendownload font tersebut. asik kan? 😀Selection_020