Facebook Application for website part 1

fb_dev_intro

Halaman facebook developer bisa diakses melalui https://developers.facebook.com/, pada halaman inilah kita bisa melihat dokumentasi lengkap tentang facebook apps, tools, sample apps dan dashboard untuk aplikasi-aplikasi yang kita buat nanti tentunya.

Pada halaman awal https://developers.facebook.com/ terdapat 3 menu/icon utama, yaitu IOS, Android dan Web, ini artinya facebook menyediakan fasilitas untuk membuat aplikasi melalui tiga platform tersebut, namun karena keterbatasan ilmu yang saya miliki, saya mungkin baru membahas facebook aplikasi berbasis web dan menggunakan PHP dan JS tentunya, karena untuk web juga terdapat JAVA, C#, RUBY dan yang lainnya.

Getting Started for Websites

Social Plugins

Social Plugins adalah sebuah fasilitas yang disediakan facebook untuk website agar website yang kita miliki lebih sosial, anda dapat menggunakan fasilitas yang terdapat di facebook ke dalam website anda, seperti Like, Share, Comment dan sebagainya yang bisa kita akses melalui halaman https://developers.facebook.com/docs/plugins/.

Like Button

Salah satu fitur facebook yang bisa kita letakan kedalam website kita adalah like button. Fitur iniadalah cara termudah untuk berbagi konten di facebook, karena dengan jika seseorang menekan tombol like di halaman website kita, maka akan terposting di facebook bahwa seseorang me-like sebuah artikel.

like_feed

Dengan begitu, sama saja artikel kita telah d publikasikan seseorang melalui akun facebook mereka.. 😀

Untuk membuat like button, kita bisa langsung mengakses halaman https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like/, kemudian tinggal mengisi detail halaman pada bagian Configurator:

like_config

Yang paling penting sih setingan pada bagian URL to Like, yaitu halaman/url pada website kita yang ingin di tambahkan like button. Setelah itu klik Get Code, dan akan tampil beberapa pilihan sample code yang bisa kita pakai untuk website kita.

like_code

Ada 4 pilihan code yang dapat dipakai, HTML5, XFBML, IFRAME dan URL, anda bisa coba masing-masing sample untuk melihat perbedaannya, namun di sini saya hanya akan mencontohkan tampilan code HTML5, yang dapat anda lihat di halaman http://belajarngoding.com/sample_tutorial/fb/like_button.php.

<- Kembali ke Index