Keahlian Non Teknikal di Dunia IT

Bagi kalian yang ingin kerja di dunia IT (Information Technology) selain keahlian wajib seperti programming buat yang ingin jadi programmer, kreatifitas buat yang ingin jadi seorang designer, atau kemampuan analisa untuk yang ingin jadi seorang analisis. Tahukah kalian ada 2 keahlian yang wajib anda kuasai (yah jika tidak dikuasai setidaknya anda sadar sekarang harus belajar hal tersebut).

1. Bahasa Inggris
Kenapa bahasa inggris menjadi salah satu skill non teknikal yang wajib anda kuasai, karena ketika anda mulai bekerja di dunia IT anda akan banyak membaca artikel, literatur, panduan atau tutorial dengan bahasa inggris. Tapi jika kalian masih belum mahir bahasa Inggris saya ada cara bagaimana mengatasinya (tapi tetap diingat bahwa waktu dan sering berlatih akan membuat anda mahir bahasa Inggris).

Anda bisa menggunakan google translate untuk menterjemahkan isi tulisan yang sedang anda baca, hal ini memang cukup membantu tapi saran dari saya lebih baik anda mulai memahami arti dari artikel yang anda baca. Semakin anda sering membaca tulisan dengan bahasa Inggris maka semakin mahir juga.

2. Mahir menggunakan Google sebagai mesin pencari
Keahlian pada poin kedua ini memang banyak orang yang selalu menganggap ini hal kecil, namun setelah beberapa tahun bekerja saya baru menyadari semakin mahir kita menggunakan Google maka akan semakin cepat juga menyelesaikan sebuah masalah (dalam bidang IT tentunya).

Dalam belajar menggunakan Google memang tidaklah instant, saya sendiri butuh waktu sekitar 1 tahun lebih untuk tahu dimana celah dan trik menggunakannya. Biasanya ketika baru memulai ketika kita akan mencari sebuah artikel tentang satu hal kita akan banyak terjebak kedalam sebuah daftar artikel yang tidak ada hubungannya dengan hal yang kita cari, atau lebih parah kita menemukan halaman website yang isinya cuma iklan semua. Namun seiring berjalannya waktu keahlian anda akan semakin tinggi. Anda akan dapat dengan mudah memfilter hasil yang anda cari sehingga anda dapat dengan cepat menemukan artikel yang anda cari.

Tidak ada yang instant (kecuali mie instant), semakin lama anda belajar maka semakin lama juga jam terbang anda, dan keahlian yang didapat dengan waktu singkat akan berbeda kualitasnya dengan keahlian yang didapat secara perlahan dan terus menerus.