Koding di mana aja dengan XAMPP Portable

xamp

Ketika belajar Web Programming di kampus (2010), para instruktur menganjurkan untuk mengunakan Apache2Triad sebagai local web server, namun setelah saya coba, saya merasa kurang sreg, akhrirnya saya coba menggunakan Local Web Server lainnya seperti WAMP dan XAMPP.

Sebagai nubie saya menemukan banyak kemudahan pada WAMP, karena memiliki GUI untuk mengubah setingan apache dan yang lainnya dengan mudah. 

wamp-server

Karena kemudahan tersebut, selama pembuatan Tugas Akhrir saya menggunakan WAMP Server. Namun masalah muncul ketika masa bimbingan, karena saya tidak punya laptop, alhasil saya harus meminjam laptop teman untuk menunjukan web saya kepada Dosen Pembimbing dan harus mengcopy file ke Web server yang ada di laptop teman + Import database. Proses ini cukup merepotkan karena konfigurasi web server di tiap laptop berbeda-beda, beberapa kali saya menemukan error ketika proses pemindahan website.

Akhrirnya saya mencoba web serrver lain dan menemukan XAMPP Portable, jadi cukup memindahkan file-file xampp ke laptop/pc jika ingin test website, ini lebih efektif dan meminimalisir error ketika proses pemindahan file-file website. Jadi, buat kalian yang sedang atau akan T.A, mungkin bisa coba XAMPP Portable ini.. 🙂

Oia, kalian bisa download XAMPP Portable di sini http://portableapps.com/apps/development/xampp.