Membuat Konsep sebelum melakukan Coding perlukah?

Ketemu lagi dengan saya, disini saya akan mencoba memberi sedikit masukan atau ilmu tentang pengalaman saya pribadi selama menjadi freelance dibidang IT. Berbicara soal konsep suatu program atau mendesign suatu program bagi yang masih belajar akan terasa berat karena kamu harus/dituntut untuk memisahkan proses-proses yang akan kamu buat. Sama halnya membuat/membangun rumah, anda dituntut untuk mendesign terlebih dahulu, jenis bahan yang akan digunakan dan sampai bangunan itu bisa digunakan. Sama seperti kamu membuat Program baik itu Web, Desktop terlebih lagi Mobile.

Konsep atau Design Patern sangat penting jika anda membangun suatu aplikasi yang akan digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama. kenapa?
dengan konsep aplikasi yang anda hasilkan jauh lebih berbeda dengan program yang anda buat tanpa konsep. dari segi performa, maintenance, sampai ke pengembangan ke Module lain.

Konsep disini akan saya coba jelaskan menurut pemahaman penulis.

MVC atau Model, View dan Controller dimana aplikasi yang akan kita buat akan terpisah menjadi beberapa bagian/layer dimana masing-masing layer mempunyai tugasnya sendiri-sendiri.

Model atau bisa dikatan Pemetaan/Mapping dari Database Object yang ada pada Aplikasi kita. Model akan menangani declarasi variable-variable yang akan merepresentasikan suatu object/field dalam suatu table.

Controller adalah pemroses dari system/program yang akan kita buat. Controller akan menangani SQL Statement [Insert, Update, Read, Delete] atau CRUD.

View atau GUI [Graphical User Interface] adalah antar muka yang akan dilihat oleh user/pemakai program kita. dalam View tidak akan ada SQL Statement karena semua sudah diwakili oleh Controller dan Model.

bagi yang baru belajar memisahkan program menjadi layer-layer yang berbeda akan terasa berat bahkan membosankan tapi setelah kalian semua mencoba akan terasa menyenangkan karena hasil dari aplikasi kalian akan sangat powerfull dari segi Performa, Stabilitas dan Maintenance yang sangat mudah.