Memulai bisnis sejak remaja? siapa takut?

Bro, kasih tahu dong dari mana gue harus memulai bisnis internet?
Bro, ide bisnis apa ya yang menghasilkan dari bisnis internet?
Bro dari mana saya harus memulai bisnis internet?

Begitulah pertanyaan yang kerap melintas di benak para remaja yang tengah berusaha memulai bisnis sendiri. Sebelumnya izinkan saya memperkenalkan diri, saya Ahmad Rhifay (@rhifay) Co-founder annahl-webmedia.com yang bergerak di bidang jasa pembuatan website serta training bisnis online untuk pemula.

Dari mana memulai bisnis internet? Pertanyaan ini terus didengung-dengungkan oleh sebagian besar orang yang baru mau mencoba bisnis internet. Dibalik pertanyaan “dari mana memulai bisnis internet” menunjukkan bahwa si orang yang mengajukan pertanyaan itu sebetulnya sedang bingung. Nah maka dari itu bagi Anda yang masih sedang bingung dari mana memulai bisnis internet, maka artikel ini pasti bermanfaat untuk Anda.

Langsung saja kita mulai, inilah beberapa step by step yang harus dilakukan sebelum Anda masuk ke ranah bisnis internet.

1. Kenali Dulu Diri Anda

Jangan sampai kegiatan bisnis di internet justru membuang-buang waktu Anda. Jangan mencoba berbisnis karena hanya mau ikutan trend. Bisnis itu bukan buat gaya-gayaan, bisnis bukan buat sekadar mengumpulkan recehan Rupiah demi Rupiah, tapi bisnis adalah tentang tanggung jawab (responsibility) bagi masyarakat.
Sekali kita terjun ke bisnis, itu artinya kita punya tanggung jawab ke masyarakat, setidaknya tanggung jawab pertama adalah kepada para pengguna produk/jasa yang kita tawarkan. Nah maka dari itu kenali dulu diri Anda baik-baik.

Pastikan Anda sudah kenal dengan diri Anda, apa yang Anda sukai-atau apa sih yang bikin Anda itu bersemangat? Ini kaitannya dengan passion. Ketika Anda berbisnis di bidang yang Anda sukai, Anda akan merasa wah gak terasa ya waktu berlalu cepet banget, wah gak nyangka yah.. cuman ngerjain gini doang bisa dibayar… atau yang lebih keren seperti ini, wah gila.. hati gue bergetar ngeliat tuh customer ampe begitu berterima kasih karena apa yang gue kerjain.

Ya betul, Anda mencintai apa yang Anda kerjakan. Anda tidak merasa seperti sedang kerja, Anda merasa seperti liburan.  Jadi intinya, cari tahu apa yang Anda sukai dan mulailah bisnis dari bidang itu.

2. Cari Tahu Ada Nggak yang Butuh Produk/Jasa Anda

Setelah nemu apa minat Anda, apa yang Anda sukai, jangan langsung berpuas diri. Bisnis bukan sekadar melakukan yang Anda sukai. Bisnis itu harus ada pembeli-harus ada market. Nah cari tahu juga ada nggak yang kira-kira nanti bakal beli produk/jasa yang Anda tawarkan.

Misalkan gini, Anda suka fitnes, lalu Anda tertarik berbisnis online di bidang fitnes. Anda harus cari tahu, seberapa besar market fitnes itu. Apakah cukup besar dan bisa menjadikan Anda meraih profit jutaan hingga milyaran Rupiah?

Anda juga harus tahu, bidang bisnis yang mana yang paling cocok dan paling menghasilkan untuk Anda.
Apakah itu dengan jualan alat-alat fitnes? Atau dengan menjual suplemen? Atau justru dengan menjadi seorang “instruktur fitnes secara online”?

Gimana cara mengetes apakah bidang bisnis kita itu punya market? Nanti di artikel seri berikutnya saya akan bahas. 🙂

3. Jaga Kesan Diri di Jejaring Sosial

Langkah ketiga adalah cek akun jejaring sosial Anda, cek Facebook, cek Twitter, ada nggak status yang berbau SARA, menyinggung sebuah produk/komunitas atau seseorang? Kalau ada, segera hapus status/tweet itu (jika bisa).
Sekali profil Anda tercemar, begitu juga reputasi bisnis bisa ikut tercemar.

Contoh gini, sekalipun Anda tidak suka dengan Justin Bieber, jangan pernah nge-hina Justin Bieber lewat media sosial. Bayangkan suatu hari nanti Anda dapat klien yang pesan proyek gede, dia fans Justin Bieber, terus pas melihat profil media sosial Anda, dia nemu hinaan Anda terhadap Justin Bieber. Wah bisa-bisa proyek Anda terancam.

Kalau belum bisa branding, minimal jangan merusak citra diri sendiri.

4. Jangan Terhambat Modal

Bisnis apapun butuh modal. Modal itu tidak harus uang, tetapi bisa berupa waktu, tenaga, ide, dan sebagainya. Kaitannya dengan modal, jangan sampai Anda dibatasi oleh modal.
Kalau memungkinkan mulailah sebuah bisnis itu dari langkah yang paling simple.

Misalnya Anda mau jual suplemen fitnes, belum ada modal, jangan STOP di sana. Tapi buatlah dulu sebuah blog tentang fitnes. Sekali lagi blognya tidak harus domain .com yang berbayar, mulai dari yang paling simple-bisa mulai dari Blogpsot.

Fokus dulu mengembangkan blog tersebut, nah selang beberap bulan barulah mulai siapkan produk Anda. Masa sih dalam beberapa bulan, Anda tetap nggak bisa mendapatkan modal untuk stok produk awal? Punya uang jajan, kan? Kalau sehari Anda bisa menabung 10 ribu, sebulan bisa lebih kurang 300 ribu. 🙂

Gimana kalau ada 3 bulan? Selang waktu 2 atau 3 bulan itu cukup untuk membuat blog Anda dikenal dan disukai oleh orang-orang.

5. Cari Kawan Minta Bantuan Mereka

Carilah kawan, dan minta bantuan dari mereka. Kawan ini bisa berupa guru (mentor), kawan se profesi (misal rekan sesama blogger), atau bahkan partner bisnis Anda. Dalam startup, ada istilah co-founder, nah barangkali Anda bisa mulai mencari co-founder, untuk membantu pengembangan bisnis online Anda.

Ingat “jalan berdua atau rame-rame” itu lebih asyik dibanding berjalan sendiri-sendiri. *Apalagi kalau jalannya sama Megan Nicole :-D.

6. Kalau Belum Tahu Caranya, Bertanyalah

Di internet, ada banyak sekali suhu dan master yang siap membantu Anda. Asalkan Anda berniat mau belajar, tidak mengganggu dan bisa ramah kepada mereka, mereka pasti membantu.
Dan satu hal yang wajib digaris bawahi. Bertanya tidak melulu harus pada orang, bisa bertanya ke Google.. bertanya ke forum komunitas bidang bisnis Anda, bisa “bertanya ke buku”, “bertanya ke majalah” dan banyak lagi.

7. Just Do It

Saya suka dengan angka 7, untuk itu step by step ini saya batasi hingga angka 7 saja. Inspirasi ke-7 adalah segera mulai. Meminjam slogan Nike, just do it. Lakukan saja, salah benar, sukses tidak itu urusan nanti. Yang penting mulai.

Lha gimana kalau gagal? Gagal.. itu bukan urusan saya :p, itu tanggung jawab Anda.

Tetapi kata para master dan suhu, selalu belajarlah dari kegagalan.

Semoga bermanfaat,,,