Mendeteksi Mobile Browser Dengan PHP

Mobile BrowserZaman canggih begini, sebenrnya harusnya sudah gak ada masalah lagi soal masalah pen-deteksian browser, yang biasanya terjadi untuk menanggulangi tampilan website yang jadi berantakan setelah ditampilkan melalui mobile browser. Karena sekarang sudah ada Twitter Bootstrap dan kawan-kawannya, atau bisa menggunakan CSS Sederhana yang akan secara otomatis menyesuaikan tampilan website kita dengan ukuran layar handphone, istilah kerennya Responsive Web Design.

Tapi masalah ternyata belum selesai, karena setelah mencoba membuat beberapa Responsive Website, rata-rata keluhannya adalah soal Load Speed. Ya itu karena yang di-load oleh mobile browser adalah script/file2 yang sama dengan yang di-load di PC Browser. Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa negara tercinta ini adalah negara terlambat no dua.

Jadi, pilihan untuk membuat website versi mobile (e.g: m.kaskus.co.id), salah satu caranya dengan menggunakan fungsi PHP:

echo $_SERVER['HTTP_USER_AGENT'];

kode tersebut akan menampilkan result seperti berikut:

Mozilla/5.0 (Linux; U; Android 2.1-update1; en-in; HTC_Wildfire_A3333 Build/ERE27) 
AppleWebKit/530.17 (KHTML, like Gecko) Version/4.0 Mobile Safari

Namun cara tersebut agak merepotkan, karena kita harus memfilter lagi, mana browser dari mobile maupun PC. Tapi ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan menggunakan class PHP dari http://mobiledetect.net, karena kita hanya butuh menambahkan beberapa baris kode pada halaman PHP kita. 😀

// Include and instantiate the class.
require_once 'Mobile_Detect.php';
$detect = new Mobile_Detect;

// Any mobile device (phones or tablets).
if ( $detect->isMobile() ) {
//anda bisa melakukan apa saja dari sini, 
//termasuk me-redirect ke halaman mobile version dari web anda.
}

Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung ke-TKP dan menurut saya, cara ini masih jadi jalan terbaik, apalagi jika website yang dibuat menampilkan banyak data/gambar-gambar, dan tentunya selama Menteri kita menanyakan “Internet Cepat Untuk Apa?” hehe