Mengapa kita menggunakan CMS

Pada saat ini banyak sekali CMS atau Content Management System yang bertebaran, dari mulai yang sifatnya free atau gratis sampai dengan yang berbayar atau paid. Saya tidak akan menjelaskan mengenai apa itu CMS (yang mau tau apa itu CMS silahkan baca pada artikel berkenalan dengan CMS).

Sekarang saya akan lebih membahas kepada alasan mengapa kita menggunakan CMS. Karena beberapa tahun yang lalu saya juga selalu ingin memiliki sebuah CMS sendiri namun sampai sekarang saya pun lebih senang menggunakan CMS yang sudah ada.

Pada sebuah proses development atau pembuatan sebuah website, ada beberapa tahapan yang harus dilewati salah satunya adalah proses pembuatan back end atau CMS untuk mengelola konten website kita nantinya. Dengan menggunakan CMS yang sudah ada tentunya kalian akan menghemat proses ini, walaupun tidak sepenuhnya menghemat waktu 100% tapi saya bisa bilang anda bisa menghemat waktu sekitar 60% dari proses development backend. Kita bisa lebih fokus kepada konten atau design frontend website kita nantinya.

Bisa jadi kita lebih cepat menyelesaikan pengerjaan websitenya karena telah menghemat waktu 60% dari proses development, dan mungkin 60% tersebut bisa dialokasikan ke proses development frontend website kita agar lebih terlihat menarik. Hal ini berlaku untuk anda yang sedang membuat website yang indah namun untuk yang sedang membangun sebuah forum anda tidak perlu memikirkan keindahan dari website anda, cukup fokus kepada konten saja.

Lalu bagaimana jika kita memiliki sebuah kebutuhan yang belum terpenuhi dengan CMS yang telah kita gunakan? Biasanya sebuah CMS akan dilengkapi dengan sebuah plugins yang jumlahnya cukup banyak dan jika memang kebutuhan anda tidak terpenuhi dengan plugins tersebut itu artinya kebutuhan anda sangatlah spesifik. Itu alasannya kenapa tidak ada yang membuat plugin untuk memenuhi kebutuhan anda tersebut.

Itu pula alasan saya mengapa pada belajarngoding.com kita menggunakan WordPress sebagai enginenya, karena kebutuhan kami hanyalah untuk post tulisan berdasarkan kategori dan tag tertentu saja (dengan dukungan multiple user tentunya). Coba bayangkan jika kami memutuskan untuk membuat CMS sendiri untuk mengakomodir kebutuhan kami, tentunya kami akan terpecah fokus kepada proses development sedangkan tujuan awal kami ingin sharing pengalaman.

Salah satu teman saya ada yang sampai sekarang memilih phpFusion sebagai cms untuk mengakomodir kebutuhannya, karena dia sudah sangat paham dan mengerti tentang cms tersebut. Tidak perlu mengikuti orang lain cukup dengan memilih CMS yang sesuai dengan kebutuhan anda.