Menggunakan Custom Font

Doodle Font

Dulu paling males itu kalo dapet Aplikasi/Poject web yang menggunakan Custom Font, kenapa?, karena font yang kita gunakan belum tentu ada di komputer client, akirnya solusinya adalah embed font (ttf). Tapi masalah belum selesai sampai di sini, karena gak semua browser support font yang kita embed.

Dan, beberapa solusi yang saya lakukan adalah:

  1. Menggunakan google font (https://www.google.com/fonts).
    Dengan google font, kita tinggal embed font url yang tersedia di sana, tapi apesnya, beberapa desainer biasanya punya font favorit, atau font yang menurut mereka cocok untuk aplikasi, dan biasanya gak ada di google font.. ๐Ÿ˜€
  2. Jika di google font gak ada font-nya, cara selanjutnya dengan meng-convert font (ttf) yang kita punya ke beberapa tipe font (woff, svg eot). Dengan begitu diharapkan font yang kita gunakan akan support di semua browser.
    Tapi tunggu,,, ย gimana cara untuk convert font???Paling gampang kita gunakan Font Generator online, salah satunya adalah FontSquirrel.

    Caranya tinggal add font:
    fontsquirrel 

    Trus jadi deh font-font yang udah do convert + html & Css untuk contohnya, jadi kita tinggal copy-paste css yang udah dibuat.. ๐Ÿ™‚
    font-list