Panduan Dasar PHP Bagian 1

Buat yang pengen tahu apa itu PHP silahkan buka halaman PHP yang ada di Wikipedia. Pada tulisan ini kita akan beberapa hal mendasar yang harus anda pahami ketika anda memutuskan untuk memperdalam PHP sebagai bahasa pemrograman.

Berkenalan dengan PHP

Sebelum anda mengenal lebih lanjut dengan PHP ada beberapa hal yang harus anda pahami yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. HTML adalah sebuah tag yang membangun sebuah halaman web. CSS adalah bagian yang membuat halaman web anda lebih cantik dan terlihat indah. JavaScript adalah bagian yang membuat halaman web menjadi lebih interaktif.

PHP (PHP Hypertext Preprocessor) adalah sebuah script yang dieksekusi disebuah server (server side programming). PHP merupakan bahasa interpreter dimana untuk menjalankan script harus di eksekusi, dalam hal ini harus diakses melalui url address.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan menggunakan PHP

  • Membuat halaman website yang dinamis (isinya dapat berubah berdasarkan data tertentu)
  • Membuka, membaca, menulis dan menghapus sebuah file yang ada di server
  • Bisa untuk mengumpulkan data yang dikirim melalui tag form pada HTML
  • Mengirim dan membaca sebuah cookies
  • Insert, update, delete data yang ada di database (untuk hal ini PHP akan mengeksekusi function mysql)
  • Membatasi user untuk mengakses halaman tertentu
  • Melakukan enkripsi
  • Data mining

Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum anda memulai belajar PHP, yaitu menginstall web server pada PC atau komputer yang anda pakai. Anda bisa menginstall wamp, xampp, lamp, mamp (silahkan gunakan sesuai dengan kebutuhan anda). Selain web server anda juga perlu menginstall text editor yang anda sukai, ada banyak pilihan dari text editor seperti notepad, notepad++, sublime, vim (anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda juga).

Sintaks PHP Dasar

Untuk memulai belajar php biasanya dibahas menggunakan “Hello World”, kali ini saya akan menuliskan sebuah contoh sederhana, lihatlah script dibawah ini.

<?php
echo "Saya sedang belajar PHP";
?>

Script diatas jika dieksekusi melalui browser hanya akan mencetak “Saya sedang belajar PHP”. Mari kita bahas perbaris mengacu pada script diatas.

Pada baris pertama dan ketiga merupakan sintaks pembuka dan penutup untuk PHP, saya menyarankan untuk menggunakan “<?php” sebagai sintaks pembuka dari pada “&alt;?” karena terkadang setting php.ini untuk short open tag belum aktif. Jika anda menggunakan cara kedua dan mendapatkan halaman anda error kemungkinan setting short open tag belum aktif, silahkan anda aktifkan kemudian restart server dan coba akses file lagi.

Pada baris kedua berfungsi hanya untuk mencetak kalimat “Saya sedang belajar PHP”.

Gimana apakah sudah berhasil semua, tenang jika anda belum berhasil bukan berarti anda akan gagal selamanya, justru dengan anda menemukan error anda akan belajar lebih banyak lagi.

Untuk tulisan panduan dasar PHP bagian pertama sampai disini dulu ya, pada tulisan berikutnya kita akan bahas mengenai variable, tipe data, string function dan penggunaan operator.