Perlukah kita mempelajari sesuatu yang baru?

Melanjutkan tentang tulisan saya sebelumnya tentang mode belajar vs mode produktif, kemudian timbul pertanyaan apakah kita perlu mempelajari sesuatu yang baru (dalam hal ini mempelajari bahasa program yang lain). Ketika kita baru menapaki dunia pekerjaan menurut saya lebih baik untuk kita mempelajari sesuatu yang baru bisa mempelajari bahasa program yang baru, mempelajari sesuatu yang diluar dari kebiasaan kita seperti design, analisa sistem dan berbagai hal lainnya yang menurut kita menarik.

Alasan mengapa kita perlu mempelajari sesuatu yang baru adalah karena teknologi atau khususnya dunia programming selalu berkembang, jadi jika kita tidak mengupgrade keahlian kita maka kita akan kalah dengan persaingan yang semakin ketat.

Lalu apa saja yang bisa kita pelajari?

Banyak sekali yang bisa kita pelajari dari mulai bahasa program sampai dengan design beserta konsep analisa sistem. Berikut saya akan merangkumkan apa saja yang bisa kita pelajari berdasarkan kategorinya.

Bahasa Program

Kita bisa mempelajari banyak sekali bahasa program yang baru seperti framework Laravel, FuelPHP, Slim Framework, NodeJS, AngularJS, Ruby, Python dan masih banyak lagi yang lain.

Segala hal tentang desain

Kita bisa mempelajari banyak hal seperti HTML, CSS, JQuery, konsep bagaimana membuat desain yang menarik dan efektif, konsep responsive desain, SCSS, LESS, mempelajari tentang Compass dan masih banyak lagi.

Diluar bahasa program dan desain

Kita bisa mempelajari tentang bagaimana mengautomate sebuah build di server, bagaimana menggunakan ant atau grunt atau gradle untuk menghandle build pada sistem, mempelajari tentang bagaimana membuat proses development lebih efektif dan efisien, mempelajari tentang konsep waterfall atau agile atau scrum pada proses software development life cycle dan masih banyak lagi.

Banyak sekali yang dapat kita pelajari karena dunia programming dan penunjang sangatlah luas, jadi tinggal keputusan kalian akan memilih mana yang menurut anda menarik.

Jika kalian pernah mempelajari sesuatu yang belum saya share diatas silahkan tulis dibagian komentar untuk berbagi kepada pembaca lainnya.

Jangan lupa follow akun twitter kita di @belajarngoding dan facebook fanpage belajarngoding untuk mendapatkan update terbaru atau sekedar menyapa kami di timeline.