Pertimbangan Sebelum Membuat Aplikasi Mobile

Siapa sih sekarang yang tidak menggunakan smartphone, dari mulai anak muda sampai dengan orang tua semua keranjingan dengan platform. Berbagai macam sistem operasi pun bermunculan ada BlackBerry, Android, iOS, Windows dan beberapa sistem operasi yang berbasiskan web. Untuk itu sebagai seorang yang kuliah di jurusan IT sebaiknya anda mulai mempertimbangkan platform mobile sebagai target anda di dunia kerja. Namun sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang mobile developer saya memiliki beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan sebelumnya, saya tidak akan membahas hal yang teknikal yang berhubungan dengan “ngoding” tapi lebih ke arah motivasi dan apa saja yang harus anda hadapi.

Pertama kali sebelum anda terjun memilih berbagai macam sistem operasi yang ada di platform mobile, ada baiknya anda berkenalan dengan platform yang anda akan pilih. Pilih sistem operasi yang cocok dengan anda.

Windows
jika anda pengguna setia sistem operasi Windows anda bisa memilih Windows Phone sebagai awal kelebihan dari platform ini adalah kemudahan didalam membuat aplikasi. Sebagai contoh anda tidak perlu membuat User Interface yang wah karena dalam platform ini sudah ada Metro UI, yang menurut saya sebagai platform yang paling simple tapi tetep terlihat keren. Namun ada beberapa kekurangan dalam platform ini yang paling terlihat adalah tidak terlalu banyak user yang menggunakan platform ini, dan untuk melakukan pembuatan aplikasi pada platform ini anda butuh komputer dengan spesifikasi yang tinggi (bahkan sangat tinggi) agar nyaman ketika mendevelop aplikasinya.

Android
Siapa yang tidak kenal dengan platform ini, dari mulai smartphone dengan harga tinggi sampai harga yang mudah anda capai bisa menggunakan platform ini (sepertinya platform ini lagi diatas angin dengan jumlah user yang merangkak naik). Untuk mendevelop aplikasi di platform android ini menurut saya salah satu skill wajib, karena untuk mendevelop aplikasi di platform ini sangatlah mudah, menggunakan bahasa Java tapi jangan kuatir banyak sekali library yang bisa anda gunakan untuk mendukung aplikasi anda. Kemudahan dalam membuat User Interface karena menggunakan xml layout dan masih banyak sekali kelebihan di platform ini. Sedangkan kekurangannya yaitu banyaknya saingan developer lain yang sudah level master adalah pertimbangan terbesar, seperti yang saya bilang tadi sebelumnya karena terlalu mudahnya aplikasi pada platform ini dibuat sehingga banyak developer yang fokus pada platform ini. Menurut saya platform ini adalah platform wajib buat mereka yang mau terjun ke aplikasi mobile.

BlackBerry
Platform ini pernah mengalami masa jaya sekitar 2 tahun yang lalu, saya ingat sekali sebelum platform ini naik semua handphone masih bercirikan fitur pemutar mp3, kamera. Namun setelah platform ini naik mulai smartphone menggunakan keypad qwerty dan yang paling keren adalah semua developer berlomba lomba membuat aplikasi seperti BBM. Kemudahan jika anda akan mendevelop aplikasi pada platform ini apa ya saya sendiri belum pernah menemukan apa yang gampang pada platform ini, berbeda dengan kekurangannya. Kekurangannya jika kita mendevelop platform ini adalah limitasi hardware pada smartphone ini yang mengharuskan kita “pintar” dalam menggunakan objek atau thread. Untuk membuat User Interface yang keren butuh perjuangan tingkat dewa karena anda harus melakukan draw (atau overide paint method) manual tiap pixel dari kiri atas ke kanan bawah. Belum lagi banyaknya jenis device yang mengakibatkan resolusi yang banyak sehingga kita harus menghandle layout secara manual. Tapi jangan salah dengan kesulitan seperti ini sedikit saingan anda didalam membuat apps, yah paling saingan anda orang-orang lama yang udah kenal platform ini lebih dahulu seperti saya.

iOS
Untuk platform ini saya rasa merupakan platform yang sangat menarik, karena dari segi user yang sangat loyal terhadap platform, sehingga mereka tidak berfikir banyak ketika untuk membeli aplikasi pada platform ini yang bisa menjadi salah satu kelebihan pada platform ini, sedangkan untuk kekurangan ya karena device untuk platform ini (seperti iPhone, iPod touch, iPad) memiliki harga yang cukup tinggi sehingga usernya tidak begitu banyak.

Untuk platform web os sepertinya belum terlalu ngetren disini jadi saya tidak mereview tentang hal tersebut. Silahkan anda pilih platform yang sesuai dengan anda.

  • bejos

    cakep ni