Pilih Resign atau Wirausaha?

Ketika memilih untuk berhenti dan keluar dari tempat kerja, sebenarnya saya sudah mempelajari apa saja yang kira-kira bakal dihadapi setelah tidak lagi memiliki status sebagai karyawan. Tapi tetap saja, ada kejutan-kejutan kecil yang setidaknya cukup memberi goncangan minimal tamparan-tamparan keras untuk belajar tentang wirausaha dan ternyata itu hal yang wajar

Pada acara kopdar di bebek judes belum lama ini, kebetulan saya sempat ngobrol dengan salah seorang guru bisnis Cesar Rohedi kira kira beliau bilang seperti ini : sekalipun sudah bersiap untuk resign, sudah ada contoh, dan sudah belajar, yang namanya keluar dari tempat kerja dan memilih di wirausaha sudah pasti ada goncangan-goncangan.

Goncangan yang di maksud ini bisa jadi sekedar rasa terkejut tentang sulitnya dunia wirausaha, hingga mulai merasakan betapa sulitnya mencari uang dan bertahan hidup tanpa mengandalkan gaji yang selama ini rutin di dapat setiap bulan.
Lalu harus bagaimana? Ada beberapa tips yang menurut saya cocok sekali di tulisan ini :

Jangan memulai usaha dari hutang, terutama hutang bank atau hutang kartu kredit. Memang banyak yang sukses dari hutang kartu kredit, tapi taruhannya juga besar. Bunga yang berbunga siap menjerat (Mas Edi Sourdjan)

Banyak banyak bergaul dengan teman-teman sesama wirausaha. Tinggalkan pergaulan yang lama, terutama pergaulan teman-teman yang masih menjadi karyawan. Selain itu harus siap juga menurunkan biaya hidup/simplicity kebersahajaan (Cesar Rohedi)

Selain dua tips di atas, saya juga mengharapkan untuk teman-teman yang ingin resign benar-benar siap dalam arti sesungguhnya. Mulai dari kesiapan mental sampai finansial, terutama jika sudah memiliki tanggungan. Kalau mau lebih aman lagi, pastikan memiliki uang pegangan untuk biaya hidup beberapa bulan kedepan.

Mungkin tulisan ini agak kontras dengan mereka yang sering memprovokasi bakar kapal, saya sendiri kurang setuju. Bakar kapal bukan hanya sekedar bakar, salah perhitungan awak kapal bisa mati ikut terbakar. Semoga bermanfaat