Review Tentang Atom Text Editor

Atom Editor di belajarngoding.com

Atom adalah sebuah text editor yang memiliki lisensi open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan di klaim sebagai text editor yang bisa di custom dengan merubah file configurasinya. Atom ini mirip dengan salah satu text editor favorit saya yaitu Sublime Text, karena Atom ini memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom ini bersifat modular jadi klo kita butuh sebuah plugins tambahan kita bisa menginstall dan melakukan konfigurasi agar sesuai dengan harapan kita.

Jika kita ingin menggunakan Atom Text Editor ini kita bisa mengunduhnya dari tautan berikut ini download Atom.

Salah satu keunggulan dari Atom Text Editor adalah tersedianya banyak plugins yang bisa membantu pekerjaan kita. Kita bisa melihat plugins yang paling banyak digunakan melalui halaman plugins yang terdapat pada Atom atau pada halaman daftar packages pada Atom.

Setelah mengunduhnya yang pertama kali saya lakukan adalah mencoba tab indent yaitu sebuah space yang akan dibuat ketika kita menekan tombol tab pada keyboard. Secara default Atom ini menggunakan 2 sebagai ukuran tab space, jika kalian ingin mengubah ukurannya kita bisa membuka config.cson kemudian rubah pada baris

editor:
    tabLength: 4

Terdapat beberapa plugins yang bisa membantu pekerjaan kita yaitu:

Linter

Linter merupakan plugins yang memungkinkan Atom untuk melakukan validasi terhadap kode yang ditulis. Linter sudah mensupport banyak sekali bahasa program seperti JavaScript, CoffeeScript, Ruby, PHP, Python, Java, CSS, dan lain sebagainya.

Atom Beautify

Dengan menggunakan plugins yang satu ini kita bisa merubah format code yang kita tulis menjadi lebih rapih, banyak yang sudah disupport oleh Atom Beautify ini dari mulai HTML, CSS sampai PHP.

Autocomplete+

Autocomplete+ merupakan plugins yang bisa mempermudah pekerjaan kita karena dia bisa memunculkan kemungkinan auto complete dari code yang kita tulis.

Emmet

Buat kalian yang sudah lama mendalami dunia web development pasti sudah familiar dengan plugins yang satu ini. Dengan plugins ini kita bisa menyingkat apa yang kita tulis dan dengan “magic”-nya bisa men-generate hasil tag HTML yang lengkap.

Git Plus

Sering menggunakan Git sebagai repository, melalui plugins ini untuk melakukan commit dan push kita tidak perlu lagi membuka terminal atau command prompt. Kita tinggal mengeksekusi plugins ini untuk melakukan commit atau push pada code yang kita tulis.

Sebenarnya masih banyak sekali plugins yang bermanfaat, yang saya tuliskan diatas merupakan plugins yang paling umum digunakan.

Dari kecepatan penggunaan dari Atom ini saya rasakan sudah bisa berdampingan dengan kecepatan Sublime Text.