Review Visual Studio Code Versi 1.0

Visual Studio Code

Per 14 April kemarin, Visual Studio Code merilis versi 1.0 sejak awal release pada bulan Mei 2015. Mereka mengklaim sudah ada 2 juta user yang menginstall VS Code dan lebih dari 500.000 aktif user perbulan, wah banyak juga yak. Kira-kira apa aja ya fitur-fiturnya, nyok kita simak.

Kompatibilitas

Selection_476

VS Code ini sudah bisa digunakan untuk pengguna Linux, Windows dan OS X. So, berhubung saya pengguna Ubuntu, jadi yang saya coba adalah versi untuk Ubuntu (.deb).

Tampilan

Selelah beberapa menit install dan buka folder wordpress yang ada di PC, berikut penampakannya:

Tampilan VS CodeSekilas mirip sama Brakets yang posisi aktif file (working Files) ada di sebelah kiri, kalo sublime ada di bagian atas. Di menu paling kiri ada beberapa icon menu untuk File, Search, Git dan Debug, yang jika di Brackets icon ini adanya di paling kanan.

IntelliSense

IntelliSense VS Code

Intellisense adalah sebuah fitur yang memudahkan kita untuk mengetik fungsi-fungsi bawaan dari sebuah bahasa pemrograman, misalnya mau ketik fungsi substr di file PHP, maka anda tinggal ketik aja “su”, maka akan muncul dropdown list fungsi yang bisa anda gunakan dengan menekan enter, jadi gak mesti ngetik seluruh fungsinya dan yang pasti menghindari kita dari kesalahan penulisan.

Fitur ini sebenernya sudah banyak ada di beberapa Text Editor lainnya, sebuah fitur yang menurut saya sangat membantu untuk mempercepat waktu penulisan kode. Oiya, VS Code juga bisa mendeteksi kesalahan penulisan sintax (baru coba untuk PHP), misalnya kurang tanda kurung kurawal (}) atau salah penulisan fungsi lainnya.

Git commands built-in

Seperti yang udah saya mention di atas, bahwa ada icon Git pada panel sebelah kiri. Yup, VS Code sudah tersedia fitur untuk Git, jadi gak mesti install plugin/3rd party lagi. 🙂

Debug Code

Mengutip dari dokumentasi VS Code “VS Code has built-in debugging support for Node.js (JavaScript, TypeScript, and any other language that gets transpiled to JavaScript).” Jadi, debugger ini hanya support untuk bahasa yang berkaitan dengan JavaScript.

Kesimpulan 

Sebagai pendatang baru, VS Code sepertinya patut dicoba apalagi buat yang pengen ganti suasana koding baru.. hehehe

Oiya, nulis daritadi belom ngasih link downloadnya, buat yang mau jajal bisa langsung aja ke https://code.visualstudio.com/Download 🙂