Share tentang Drilldown Report

Drilldown report mungkin sudah tidak asing ditelinga kita. jika masih asing saya akan coba terjemahkan dalam bahasa saya sendiri. kalau salah mohon dimaafkan dan diluruskan. 🙂

Bagi yang sudah kenal dengan SAP mungkin sudah tidak asing lagi dengan Drilldown reportnya SAP, yappp… kali ini saya bahas bukan di SAP melainkan pada Visual Basic 6.

Drilldown report akan sangat membantu user dalam hal melakukan tracing data, mungkin banyak yang tidak kepikiran akan hal ini karena bisa dilakukan dengan cara searching dari data yang sudah ada, tapi….??? apakah itu efisien?? sedangkan data yang anda inginkan sebenarnya ada di depan mata anda :). yapp.. dengan drilldown report anda tidak perlu dipusingkan untuk mencari data dari record kalian yang sudah bejibun banyakknya.. hehehhee… anda akan cari berdasarkan tanggal tertentu dengan nomer referensi yang sudah di tampilkan pada laporan yang anda liat.

contoh kasus : bagian gudang sedang melakukan pengecekan barangnya misal Tisu terdapat saldo tisu saldo awal 15 masuk 10, keluar 5, saldo akhir 20, sedangkan admin tersebut tahunya bahwa tisu yang masuk bukan 10 tetapi 5 maka apa yang akan kamu tebak?????? kalian pasti akan mencari selisihnya bukan dan akan mencari dari data-data pembelian yang barangnya sudah diterima.. bayangkan jika yang terjadi itu recordnya sudah 100an atau bahkan malah ribuan.. wow….  nah itulah singkat kata dari drill down.. fungsi utama dari drilldown adalah untuk membuka data dari resource yang ada berdasarkan referensi tertentu atau kode tertentu.

untuk video bisa di liat di sini

untuk membuat seperti bagaimana codingnya??