Text Editor untuk PHP

Bagi yang baru memulai mendalami dunia web programming ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah text editor. Text editor ini akan kita gunakan untuk melakukan editor pada code kita, berikut ini beberapa text editor yang pernah saya temukan dalam penjelajahan saya dalam mencari text editor yang cocok untuk saya.

PHP Coder
Saya kenal dengan PHP Coder itu pada jaman kuliah semester 3 pada mata kuliah PHP, saya menggunakan PHP Coder sampai saya lulus kuliah karena saya baru kenal dengan editor ini dan belum tahu jika diluar sana ada banyak PHP Coder yang bisa dipilih. Pada PHP Coder terdapat tree view file yang sedang kita edit (atau lebih tepatnya project) dan bisa membuka file secara bersamaan dan ditampilkan menggunakan tab (seperti sheet pada excel), dan kelebihan lainnya adalahnya terdapat embed browser yang bisa dipakai untuk langsung mencoba script php yang sedang kita edit. Untuk lisensi klo tidak salah ini adalah aplikasi free yang bebas kita pakai.

Edit Plus
Saya berkenalan dengan Edit Plus adalah pada saat saya melakukan pencarian text editor, namun saya langsung mengurungkan niat saya karena Edit Plus ini adalah editor yang berbayar, namun buat kalian yang berniat mencobanya Edit Plus ini memberikan aplikasi ini dapat anda gunakan secara trial sampai anda memutuskan untuk membelinya. Edit Plus ini mendukung beberapa sintaks yaitu C/C++, CSS, PHP, ASP, Perl, Java, JavaScript, VBScript.

Vim
Saya sampai saat ini masih menggunakan Vim (jika saya harus remote dan melakukan patch beberapa baris pada script saya di server). VIM merupakan text editor yang paling susah untuk digunakan, namun jika kita tahu akan “magic” yang ada di Vim semua itu jadi terasa mudah. Buat kalian yang ingin mencoba vim silahkan saja langsung download dan coba gunakan, ada beberapa hal yang harus kita ingat disini Vim itu berbeda dengan editor pada umumnya jadi kalian harus banyak melakukan adaptasi didalam menggunakannya.

Notepad
Siapa sangka aplikasi yang ada di windows ini sebagai default text editornya ternyata bisa digunakan sebagai alat bantu didalam menuliskan code. Satu hal yang saya ingat atas editor ini adalah markup new linenya yang berbeda dengan unix editor, jadi biasanya klo code yang ditulis di sini jika dibuka pada editor dengan unix format, new linenya akan berantakan (itu dulu sih, siapa tahu sekarang sudah berbeda).

Netbeans
Satu kata kesimpulan ketika mencoba netbeans yaitu aplikasi ini sangat berat.

Adobe Dreamweaver
Dreamweaver merupakan editor favorit setiap mahasiswa dikampus saya, dari mulai fitur yang tingal klik sana klik sini jadi website, sampai dengan WYSIWYG editornya, jadi membuat website bisa semudah mengetik pada word. Memang mudah namun hasilnya kurang maksimal menurut saya, dan code yang dihasilkan editor ini sangatlah berantakan (hal ini karena adanya auto generated code yang di hasilkan oleh Dreamweaver pada saat kita membuat elemen dengan klik sana dan klik sini).

Notepad++
Editor ini sangatlah ringan, dan support dengan banyak bahasa pada sintaks highlighternya, autocomplete pada penulisan code, line number, tree view dan satu hal yang membuat editor ini sangatlah keren karena free.

SublimeText
Editor terakhir pada penjelajahan saya adalah SublimeText, walaupun SublimeText ini berbayar tapi kita masih bisa menggunakan editor ini secara gratis (namun anda akan diberikan opsi untuk membeli editor ini atau tidak). SublimeText memiliki banyak sekali theme pada sintaks highlighternya, tree view dan fitur lainnya yang mirip dengan notepad++. Pada saat ini saya menggunakan SublimeText sebagai editor teman waktu menuliskan code PHP, Python, Perl, CSS, JQuery dan beberapa lainnya.

Kesimpulan
setelah melakukan review atas editor yang pernah saya coba dulu, ada beberapa pertimbangan didalam memilih editor yang tepat untuk anda, yaitu:
– lightweight (ringan ketika digunakan)
– gratis atau berbayar
– sintaks highlighter
– sesuai keinginan kita (faktor ini berbeda disetiap individu pastinya)

Itulah beberapa review saya tentang text editor yang pernah saya coba berikut kesimpulan didalam memilih text editor yang tepat. Jadi apakah text editor favorit kalian?