Tips Sukses dari Kisah Sukses Pengusaha Muda

Ilustrasi kisah sukses pengusaha muda

Berbagai kisah sukses pengusaha muda menunjukkan bahwa pemuda pun ternyata bisa menjadi pengusaha. Pandangan yang banyak terjadi adalah pengusaha hanyalah orang-orang yang sudah berusia tua. Saat ini, pandangan tersebut ternyata salah. Jika menelusuri dunia bisnis saat ini, kita pasti akan menemukan ada begitu banyak pengusaha berasal dari kalangan muda.

Pandangan lain yang muncul adalah bahwa pengusaha merupakan orang-orang bermodalkan uang banyak. Mereka sukses dan menjadi kaya-raya dari hasil bisnisnya. Mulai sekarang, tampaknya pikiran seperti itu harus diubah. Kenyataannya, banyak kisah sukses pengusaha muda yang memulai bisnis dari nol dengan modal pas-pasan.

Ada pula yang beranggapan bahwa bisnis semata-mata untuk mengejar kekayaan. Anggapan-anggapan keliru itu menyebabkan anggapan bahwa barometer pengusaha sukses adalah, pengusaha yang bisa menciptakan kekayaan melimpah melalui wirausaha yang dibangun. Padahal, untuk memulai bisnis, hal paling utama adalah adanya keberanian dan optimisme untuk mau menekuni wirausaha.

Henry Indraguna: Ikon Pengusaha Muda Cuci Mobil Busa Salju

Kita mungkin pernah mendengar nama Henry Indraguna. Dia adalah salah satu ikon kisah sukses pengusaha muda. Pria muda kelahiran Bandung pada 28 Agustus 1973 ini merupakan bos pemilik The Auto Bridal Indonesia, sebuah tempat usaha cuci mobil “busa salju”. Dalam membangun bisnisnya ini, Henry berkali-kali mengalami jatuh bangun. Berbagai bidang wirausaha pun pernah dijalaninya. Namun, ia selalu bangkrut dan kembali dari nol.

Kini, usaha cuci mobil garapan Henry telah mencapai omset sebesar 7,5 miliar rupiah tiap bulan. Suatu keuntungan yang fantastis bagi seorang pengusaha muda bermodalkan pas-pasan. Sebelumnya, Henry yang merupakan lulusan Universitas Maranatha Bandung ini pernah bekerja sebagai salesman. Dia kemudian memulai bisnisnya dengan berjualan ayam goreng.

Untuk modal bisnis cuci mobil ini, Henry berutang kepada mertua dan kerabatnya. Awal-awal berdirinya usaha cuci mobil, Henry agak kurang diminati masyarakat. Namun, Henry menganggap hal itu sebagai sebuah proses “part of game” yang harus dilaluinya. Henry merasa tertantang untuk mengubah citra tempat cuci mobil yang terkesan kotor menjadi bersih dan nyaman. Ia pun mewujudkannya dengan inovasi cuci salju The Auto Bridal.

Suami dari Fangky Christina ini terus melakukan inovasi untuk mengembangkan bisnis cuci mobilnya. Henry kemudian mengagagas cuci mobil es krim, salon mobil, dan motor bridal. The Auto Bridal Indonesia milik Henry tiap bulan melayani lebih dari 120 ribu unit mobil dengan ongkos cuci sebesar Rp35.000,00 per unit mobil. Henry kini telah mempunyai sekitar 84 cabang dari The Auto Bridal Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mantan salesman produk mainan Cina ini pernah meraih penghargaan Outstanding Enterpreneurship Award Asia Fasific Enterpreneurship Award (AFEA 2008). Penghargaan itu diberikan atas kerja kerasnya membangun bisnis di usia muda. Keberhasilannya saat ini dirasanya belum cukup. Ia pun berencana akan melebarkan sayap bisnisnya hingga ke Negeri Jiran, Malaysia.

Tip Sukses Ala Henry Indraguna

Kisah Henry yang sukses ini tercatat di dalam sebuah buku berjudul Kumpulan Kisah Para Pengusaha Muda yang Sukses Berbisnis dari Nol, Rahasia Jadi Enterpreneur Muda yang ditulis oleh Jennie S Bev. Dalam bukunya, Jennie mengatakan bahwa untuk berwirausaha, sebenarnya mudah, yaitu dengan meningkatkan mindset dan mulai membuka bisnis sendiri.

Jennie sangat memuji para pengusaha muda yang telah berhasil membangun bisnisnya. Semua itu karena para pemuda yang mempunyai mindset untuk sukses. Kata Jenni, “Success is a mindset, it is not journey or destination.” Sukses, menurut Jennie, adalah cara berpikir (mindset) bukan perjalanan maupun tujuan. Kesuksesan para pemuda dalam bidang wirausaha rata-rata disebabkan mindset mereka yang sudah terpola dengan keberanian untuk memulai bisnis.

Yanti Isa: Nggak Puas Hanya Jadi Karyawan

Dari beberapa kisah sukses pengusaha muda, kebanyakan mereka menjadi sukses lantaran mereka tidak mau jadi pegawai kantoran. Pasalnya, karyawan atau pegawai kantoran gajinya sudah ditetapkan setiap bulan. Mau kerjanya maksimal atau pas-pasan tetap saja pendapatan yang didapatnya sesuai yang disepakati ketika awal bekerja.

Berbeda dengan pengusaha. Jika ia fokus dan serius mengelola usahanya, maka ia akan mendapatkan pendapatan yang banyak. Jika malas-malasan atau tidak memiliki perkembangan makanya usahanya pun bakal segitu-gitu saja. Ini sudah menjadi rahasia umum.

Makanya, Yanti Isa mengatakan, jika ingin kaya maka jadilah pengusaha. Kisah Yanti Isa adalah bagian dari kisah sukses pengusaha muda yang berhenti dari pegawai memilih menjadi pengusaha. Ia dulunya adalah karyawan di perusahaan besar di Netsle. Jabatannya pun cukup lumaya hebat, yaitu product manager. Namun, ia menyatakan tetap saja tak membuatnya bahagia.

Karena ingin lepas dari status karyawan dan bisa menjadi orang nomor satu di negeri ini, ia memilih menjadi pengusaha. Ia mendirikan perusahan yang memproduksi berbagai jenis bumbu masak untuk kafe, restoran dan hotel. Nama perusahaannya adalah PT Magfoof Inovasi Pangan (MIP).

Di dalam buku “Tajir Selagi Muda” dimaktubkan bahwa Yanti Isa berusaha membuat ide-ide kreatifnya menjalankan perusahaannya tersebut. Pasalnya cukup banyak produk sejenis yang bersaing sama dengannya. Makanya, ia harus bisa memiliki ciri khas tersendiri yang membuat pelanggan hanya tertarik dengan bumbu masakan yang dimilikinya.

Tips Sukse Ala Yanti Isa

Di dalam buku “Tajir Selagi Muda” dicantumkan bahwa tips sukse Yanti Isa tak terlepas dari mengikuti tips bisnis yang dijalani Rasulullah Saw. Yaitu, kejujuran dan etos kerja. Dengan kejujuran, pelanggan yang berbisnis akan merasa puas saat menikmati produk yang dihasilkan. Dengan etos kerja yang tinggi semangat bekerja pun kian kuat. Tak ada lagi malas-malasan. Malah yang selalu muncul adalah, ide kreatif dalam menghasilkan produk yang maksimal.

Selain itu, Yanti Isa juga menyatakan dalam berbisnis jangan memikirkan “apa yang bisa dibuat lalu dijual, tapi berpikirlah selalu untuk membuat apa yang bisa dijual”. Tips berpikir seperti ini akan membuat Anda selalu mempunya cara untuk menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh konsumen. Inilah kisah sukses pengusaha muda yang layak ditiru oleh siapa saja, khususnya para pemuda.

Kisah Sukses Pengusaha Muda Kebab Turki Baba Rafi

Lain Yanti Isa, lain pula dengan Hendy Setiono. Ia adalah salah satu kisah sukses pengusaha muda yang namanya selalu disebut-sebut, baik dalam seminar maupun buku motivasi. Pasalnya, ia memilih Drop Out dari kuliahnya dan memilih menjadi pengusaha. Ia memilih menjadi pengusaha kebab daripada menjadi mahasiswa.

Alasannya memilih menjadi pengusaha didasari oleh pemikiran, “semakin tinggi pendidikan, semakin susah memulai usaha.” Karena semakin pintar akan membuatnya semakin banyak itung-itungannya. Akhirnya, pekerjaan yang dilakonkan pun hanya itu-itu saja.

Awalnya memang ia mendapat cemoohan. Karena sudah berstatus mahasiswa kok mau mendorong gerobak kebab seperti layaknya tukang bakso yang terkadang tak tamat sekolah menengah. Dengan bekal keyakinan bahwa ia bakal menjadi pengusaha sukses, ia tak memikirkan apa yang dikatakan orang. Ia yakin bahwa usahanya akan berhasil.

Dari awalnya hanya memiliki satu gerobak, pada tahun ketiga menjadi pengusaha kebab ia sudah memiliki 50 outlet. Outletnya tersebut ada yang miliknya sendiri dan dan ada pula yang diwaralabakannya. Akhirnya, kini usaha kebab Turki Baba Rafinya sudah terkenal dan melebihi dari 50 outlet/

Tips Sukses Ala Hendy Setiono

Setiap kali membaca kisah sukses pengusaha muda masing-masing memiliki tips yang berbeda. Demikian halnya dengan Hendry Setiono. Dalam mengembang usaha Kebabnya, ia memiliki empat tips.

  • Gabungkan Planning dan action.

Hendry adalam mengambangkan usaha kebabnya kerap menggunakan planning, baru diiringi dengan action. Planning yang dilakukan tidak perlu banyak, sedikit saja. Jangan pula sebelum melakukan bisnis sudah hitung-hitungan. Ini bisa membuat bisnis tak akan jalan.

  • Jangan Pusing Bisnis Sepi

Bagi Hendry, dalam ber-usaha tidak usah pusing dengan turunnya omset. Pasalnya, sudah biasa dalam berbisnsis ada fluktuasi, naik-turunnya omset.

  • Miliki Mimpi dan Tujuan yang Jelas

Bagi Hendry, dalam berbisnis atau ber-usaha harus memiliki mimpi dan tujuan yang nyata. Jangan berbisnis hanya mentok mencapai target awal. Harus ada peningkatan dan pengembangan yang mesti dilakukan.

  • Jangan Hanya Memiliki Satu Bisnis

Bagi Hendry, dalam berbisnis jangan hanya mentok pada satu usaha saja. Jika satu usaha sudah berhasil, haruslah dibuka usaha jenis lain. Hendry sendiri selain memiliki usaha Kebab Turki Baba Rafi, ia juga memiliki usaha digital printing dan Distro Muslim Gaul. Untuk tips yang satu ini, Hendry sering menyebutnya ‘jangan meletakkan telur di satu keranjang’.

  • Harus optimis, semangat dan berusaha untuk lebih baik lagi

Bagi Hendry, setiap kali membuka dagangan atau usaha Kebabnya, ia selalu optimis, semangat dan terus berusaha untuk memberikan pelayanan kepada konsumen dari hari ke hari dengan yang lebih baik dari sebelumnya. Tentunya pandangan dari kisah sukses pengusaha muda yang nekad meninggalkan bangku kuliah ini layak ditiru.

Inilah tiga kisah sukses pengusaha muda yang tentu layak untuk diimitasi, baik semangatnya maupun cara berpikirnya. Semoga kita juga nantinya bisa menjadi bagian dari pengusaha muda yang sukses.