Tutorial Cara Upgrade CodeIgniter

tutorial-upgrade-codeigniter

Tanpa terasa CodeIgniter itu sudah lumayan lama umurnya, saya mendengarnya sekitar tahun 2010. Saya juga telah menggunakannya di beberapa project yang saya kerjakan. Dari mulai versi 1.7.2 lalu pindah ke 2 lalu ke versi 3. Nah kebetulan saya dapat project dimana saya harus upgrade CodeIgniter ke versi 3.1.7. Berikut ini tutorial cara upgrade CodeIgniter.

Sebenarnya cara untuk upgrade CodeIgniter dari versi 2 ke 3 tidaklah sulit, pada dasarnya kita hanya melakukan replace / penggantian folder “system” ke versi yang akan kita gunakan. Biar lebih mudah kita bahas step by step cara upgrade codeigniter ya.

1. Download CodeIgniter versi terbaru
Langkah pertama adalah melakukan download CodeIgniter 1.3.7. Jika kalian bingung dimana bisa mendapatkan versi CodeIgniter yang digunakan paling mudah adalah menggunakan mesin pencarian seperti Google dengan menggunakan keyword “Download CodeIgniter 1.3.7” atau biar lebih cepat silahkan menggunakan link download CodeIgniter 1.3.7

Extract dan Replace Folder “system”
Selanjutnya kalian extract file yang telah kalian download tadi lalu copy folder “system” yang ada pada hasil extract.

Langkah berikutnya adalah melakukan replace folder “system” dari CodeIgniter lama menggunakan folder “system” yang telah kalian extract tadi.

Setelah itu lakukan pengecekan keseluruhan fungsi dari aplikasi kalian, pastikan tidak ada gangguan atas proses upgrade ini.

Perlu diperhatikan jika kalian termasuk orang yang suka ngedit langsung ke core system dari CodeIgniter pastikan kalian juga melakukan edit di file yang baru (hal ini tidak disarankan ya)

Gimana mudahkan tutorial cara upgrade CodeIgniter, berikut ringkasannya
1. Download CodeIgniter 3.1.7
2. Extract CodeIgniter yang baru
3. Replace folder “system” dari aplikasi kalian menggunakan folder “system” yang kalian extract

Itulah tulisan mengenai tutorial cara upgrade CodeIgniter. Klo ada pertanyaan langsung aja ke kolom komentar ya, tulisan ini berdasarkan pengalaman saya jadi bisa aja ketika kalian coba hasilnya beda dan perlu perlakukan khusus.