Tutorial CodeIgniter: Pengenalan Dasar

featured-1

Sebelum lebih jauh lagi mengenai seri Tutorial CodeIgniter mari kita berkenalan dulu dengan framework yang satu ini. CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP (sumber CodeIgniter di Wikipedia). Dengan menggunakan CodeIgniter ini kita sebagai developer aplikasi web akan lebih cepat dan mudah dalam proses pembuatan aplikasi web.

Ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan Framework CodeIgniter ini, yaitu:
1. Dapat mempercepat dan mempermudah dalam pembuatan sebuah aplikasi web.
2. Lebih mudah dalam proses maintenance karena pada framework jika programmer mengikuti pola standar yang ada
3. Banyak library yang sangat membantu seperti validasi, pagination, ORM, multiple database, scaffolding, pengaturan session, error handling, debuging dll

Konsep MVC (Model View Controller)

CodeIgniter menerapkan konsep MVC didalamnya, MVC (Model View Controller) ini merupakan sebuah konsep yang sangat populer dalam pembuatan aplikasi web, konsep ini memisahkan antara manipulasi data, user interface dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan mengenainya:
– Model bagian berhubungan langsung dengan database untuk melakukan manipulasi data (insert, update, delete, search)
– View merupakan bagian yang menangani presentasi logic, jika dalam suatu aplikasi web biasanya berupa template HTML yang menampilkan data yang diinginkan. View tidak boleh mengakses model secara langsung untuk dapat berhubungan dengan model harus melalui controller.
– Controller merupakan bagian yang mengatur hubungan antara model dan view, controller juga berfungsi sebagai penerima request dan menentukan akan mengeksekusi function mana yang akan dijalankan.

Installasi CodeIgniter

Untuk menggunakan CodeIgniter kita perlu untuk mendownloadnya, pada saat ini link download CodeIgniter ada di website EllisLab. Setelah mendownload silahkan ekstrak ke root website directory anda. Sebagai contoh ekstrak ke C:/wamp/www/tutorial_ci/

Silahkan buka pada browser kemudian arahkan ke http://localhost/tutorial_ci jika tidak ada kesalahan anda akan mendapatkan welcome page default dari CodeIgniter seperti pada gambar dibawah ini.

welcome-page

Hoopla selamat anda telah mengintall CodeIgniter pada localhost environtment kalian. Pada seri kali tutorial codeigniter ini kita hanya membahas pada pengenalan CodeIgniter dan proses installasinya.

Jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar jika ingin menanyakan yang berhubungan dengan tulisan pertama pada seri tutorial codeigniter ini.