Tutorial Git untuk Pemula

Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan Git, kali ini kita akan membahas Git untuk pemula. Yang kita pelajari sekarang adalah perintah sederhana penggunaan Git untuk keperluan development dasar. Perintah dasar ini merupakan dasar dari penggunaan Git, yuk kita langsung aja bahas satu persatu.

tutorial_git

Mari kita bahas satu persatu tentang Tutorial Git untuk Pemula

git init

Perintah ini biasanya digunakan ketika kita akan membuat sebuah repository baru. Jadi perintah ini akan membuat sebuah repository Git baru pada folder anda.

git status

Perintah ini kita pergunakan jika kita akan melihat file apa saja yang berubah pada repository kita.

git commit -m "update log development"

Perintah selanjutnya adalah untuk commit kedalam repository, jadi semua file yang telah kita rubah akan direkam kedalam repository sebagai perubahan yang nantinya bisa di rollback (jika diperlukan). Coba perhatikan pada kata “update log development” ini bisa kalian ganti dengan apapun namun perlu diperhatikan adalah kalian isikan yang menggambarkan proses perubahan yang anda lakukan pada code anda ya jangan curhatan atas kehidupan anda *hehehe.

git push origin master

Perintah terakhir yang biasa digunakan adalah melakukan push dari repository local ke remote pada branch master, jadi gambaran singkatnya gini jika kalian telah melakukan clone dari remote repository dan melakukan update, commit dan langkah terakhir adalah melakukan push kembali ke remote repository agar remote repository anda memiliki code terakhir seperti pada local repository anda.

git branch

Perintah ini akan kita gunakan untuk melihat branch apa saja yang ada pada repository kita, untuk pembahasannya akan saya bahas pada tulisan terpisah mengenai branch ya *tunggu kehadirannya.

git stash

Perintah ini dipergunakan untuk menampung code yang telah berubah kedalam sebuah tempat tertentu yang nantinya bisa kita panggil lagi.

Gimana mudah bukan Git untuk pemula, jadi intinya untuk penggunaan sehari-hari Git biasanya kita akan mengetikan perintah git init, git status, git commit -m “apalah”, git push origin master ya dengan begitu kita bisa mengupgrade salah satu skill kita agar lebih keren.

Jangan lupa follow akun @belajarngoding dan like facebook fan pages belajarngoding