Panduan Pemula Tutorial Koneksi PHP MySQL

Tutorial koneksi PHP dengan MySQL merupakan bahasan yang sering kali jadi diskusi hangat di kalangan komunitas programmer. Sebenarnya menghubungkan antara PHP dengan database MySQL sangatlah sederhana, namun ya namanya juga baru belajar hal sederhana pun jadi susah (saya pun mengalami hal tersebut). Pada tutorial ini diharapkan pembaca bisa memahami alur dasar mengenai koneksi PHP dengan database MySQL dan memahami bagaimana cara menampilkan data dari tabel yang ada di database menggunakan script PHP.

Beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk bisa mengikuti tutorial koneksi php dan mysql ini yaitu:
1. Laptop atau PC yang sudah diinstall PHP, MySQL, Apache, atau biasa di bundle dengan XAMPP atau LAMP (jika anda menggunakan linux).
2. Text editor seperti notepad++, sublime text, atom atau text editor favorit kalian.

Membuat Database

Untuk membuat database kita bisa membuka phpmyadmin dari url tempat anda menginstallnya (defaultnya biasanya ada di http://localhost/phpmyadmin yang sama dengan yang saya miliki)

Tutorial Koneksi PHP MySQL - PHPMyAdmin

Setelah membuka url phpmyadmin anda bisa login menggunakan username dan password mysql yang anda miliki, secara default biasanya username database mysql adalah ‘root’ dan passwordnya ‘root’. Namun ini bisa berbeda jika anda telah merubah konfigurasinya.

Setelah berhasil login anda bisa langsung membuat database langsung dari textbox create database, kita akan membuat database dengan nama ‘belajarphp’ pada tutorial ini.

Tutorial Koneksi PHP MySQL - Membuat Database

Gimana apakah kalian juga berhasil membuat database sampai dengan langkah ini? Jika anda menemukan error atau ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan di kolom komentar yang ada dibawah ya.

Memulai Ngoding

Untuk memulai ngoding kita harus membuat 1 file yaitu index.php pada direktory belajarngoding, sebagai awal kita persiapkan seperti script PHP dibawah ini

<?php
$hostname = 'localhost';
$username = 'root';
$password = 'root';
$db_name = 'belajarphp';

// membuka koneksi dengan MySQL
mysql_connect($hostname, $username, $password) or die ("error: ".mysql_error());

// memilih database $db_name yang akan digunakan
mysql_select_db($db_name) or die("error: " .msyql_error());

echo "berhasil membuka koneksi dengan database";
?>

Penjelasan
Pada baris 2,3,4,5 kita mempersiapkan variable yang kita gunakan pada script ini, pada baris ke 2 merupakan database hostname, baris ke 3 dan 4 merupakan username dan password yang kita gunakan untuk mengakses kedalam database, sedangkan baris ke 5 merupakan nama database yang kita gunakan (yang telah kita buat pada proses diatas).

Pada baris ke 8 merupakan bagian kita membuka koneksi ke database server ($hostname), yang jika gagal maka akan menghasilkan error default MySQL jika terjadi gagal koneksi ke server database.

Pada baris ke 11 merupakan bagian kita membuka database name ($db_name), yang jika terjadi kegagalan maka akan menghasilkan error default MySQL jika tidak menemukan database ($db_name).

Pada baris ke 13 merupakan yang akan di cetak jika tidak terjadi kesalahan pada baris-baris sebelumnya.

Hasil dan Debugging Error

Lalu gimana jika script tersebut tidak error, tampilan hasilnya akan seperti pada gambar dibawah ini. Untuk melihat hasilnya silahkan buka url melalui

http://localhost/belajarngoding/

Tutorial Koneksi PHP MySQL

Terdapat beberapa kemungkinan error dari tutorial koneksi PHP MySQL ini yaitu gagal koneksi ke server dan gagal menemukan database. Untuk lebih jelasnya saya jelaskan perbagian.

debuging gagal koneksi ke server database
Untuk contoh hasil jika terjadi gagal koneksi ke database akan muncul seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Koneksi PHP MySQL - Koneksi Gagal

Jika anda menemukan error seperti diatas, yang perlu anda lakukan adalah mengecek pada baris 2,3,4 atau variable yang kita gunakan untuk membuka koneksi ke database. Cek apakah sudah benar atau belum, kemungkinan terbanyak dari error Access Denied for user adalah pada bagian variable username dan password yang salah.

debugging database not found
Contoh hasil error jika database tidak ditemukan, maka akan muncul gambar dibawah ini.
Tutorial Koneksi PHP MySQL - database tidak ditemukan

Jika anda menemukan kasus database not found ini, solusinya sangatlah sederhana yaitu mengecek nama database ($db_name pada baris 5) apakah sudah sesuai dengan database yang kita buat sebelumnya.

Bagaimana apakah anda sudah memahami konsep dari koneksi PHP ke database MySQL diatas? Jika belum silahkan bertanya lewat kolom komentar yang ada ya.

Itulah artikel mengenai tutorial koneksi php MySQL, doakan saya semoga bisa tetap semangat nulis lagi ya. Di tulisan berikutnya kita akan membahas tentang bagaimana menampilkan data dari tabel yang ada di database menggunakan script PHP.

Jangan lupa follow akun social media kami ya di @belajarngoding di twitter dan Belajarngoding di instagram dan like facebook fan pages belajarngoding