Tutorial OOP pada PHP

Setelah kemarin belajar Object Oriented Programming pada PHP kali ini kita akan belajar tentang OOP lebih dalam lagi. Untuk mengingat kembali pada tulisan sebelumnya kita telah belajar bagaimana membuat sebuah Class dan function didalamnya. Pada tutorial OOP kali ini kita akan membahas beberapa hal lanjutan dari tulisan sebelumnya.

Constructor

Constructor adalah sebuah function yang akan otomatis terpanggil ketika Class diinisialisasi/dibuat. Pada constructor ini kita juga bisa mengirimkan beberapa argumen kedalamnya, berikut adalah contoh sebuah constructor.

function __construct($title, $price){
    $this->title = $title;
    $this->price = $price;
}

Pada function diatas kita akan mengirimkan 2 buah argumen kedalam sebuah Class, berikut adalah contoh pemanggilan construct seperti contoh diatas.

$book = new Book("Mahir Belajar PHP", "30000");

Destructor

Seperti pada constructor, destructor function merupakan function yang akan dipanggil ketika Class direlease. Berikut adalah contoh pembuatan function destructor.

function __desctruct(){

}

Inheritance

Inheritance atau pewarisan Class merupakan sebuah fungsi pada Class yang bisa menurunkan sifat dasar dari sebuah Class. Sebagai contoh misalkan kita memiliki sebuah Class Books kemudian kita ingin membuat sebuah Class Novel yang memiliki sifat dan variabel seperti pada Class Books maka kita tinggal mengimplementasikan inheritance dengan meng-extends Class Books dari Class Novel. Sebagai contoh lihatlah contoh dibawah ini.

// Class Books
class Books{
    var $title;

    function setTitle($title){
        $this->title = $title;
    }

    function getTitle(){
        return $this->title;
    }
}
class Novel extends Books{
    var $publisher;

    function setPublisher($publisher){
        $this->publisher = $publisher;
    }

    function getPublisher(){
        return $this->publisher;
    }
}

Pada class Novel kita bisa menggunakan function setTitle, karena Class Novel sudah menurunkan sifat dari Class Books, jadi dengan begitu kita bisa membuat Class Novel sesuai dengan kebutuhannya dengan basic function yang ada di Class Books.

Public, Private, Protected Function

Topik terakhir kita adalah membahas tentang Public, Private, Protected function pada Class. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai ketiga hal tersebut.

Public Function

Merupakan function yang sifatnya public atau bisa diakses dari luar secara bebas.

Private Function

Sebuah function yang hanya bisa diakses melalui function yang ada didalam Class file yang sama. Tidak berlaku didalam Class yang menurunkan / inheritance.

Protected Function

Merupakan sebuah function yang bisa diakses dari Class file yang sama atau yang menurunkan sifatnya.

Gimana, mudah bukan untuk mempelajari OOP pada PHP, pada kali ini kita telah membahas tentang constructor, destructor, inheritance, private/public/protected function. Tunggu tulisan berikutnya di belajarngoding.

Jangan lupa untuk follow @belajarngoding dan like facebook fanpages kami di BelajarNgoding on Facebook.