Tutorial Pengunaan Composer

composer

Composer merupakan dependency manager pada PHP, sedangkan dependency manager adalah sebuah tools yang berguna untuk melakukan download/update script atau third party library yang kita gunakan. Masih ingat beberapa tahun yang lalu jika kita ingin menggunakan sebuah library pada PHP kita harus mendownload secara manual third party library tersebut kemudian baru digunakan, nah dengan dependency manager kita hanya perlu menuliskan library yang akan kita sertakan kedalam project PHP kita kemudian composer akan melakukannya secara otomatis. Salah satu kelebihan lainnya adalah untuk pengecekan update (jika ada update pada script library yang kita gunakan) composer dapat dengan mudah melakukannya untuk kita.

Proses Instalasi

Untuk proses instalasi lebih mudah dilakukan jika kita menggunakan Linux atau Mac, alasannya sederhana karena dependency manager untuk proses instalasi sangatlah mudah, tapi bukan berarti untuk Windows tidak bisa ya, bisa juga tapi agak banyak yang harus di set berikutnya.

Pertama download composer dari website mereka, yaitu dengan cara menuliskan kode berikut

curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

Setelah berhasil mendownload composer dari website mereka jika kita ketikan “ls” maka akan muncul file baru yaitu “composer.phar”. Composer.phar ini merupakan file PHP archive yang bisa langsung kita eksekusi.

Untuk mencobanya silahkan ketik “php composer.phar” (dengan catatan kita sudah melakukan setting path untuk PHP-nya), maka akan muncul “help” menu dari composer ini.

Menggunakan Composer

Untuk menggunakan composer kita perlu membuat sebuah file composer.json dimana file ini berisikan dependency library yang akan kita gunakan, sebagai contoh jika kita akan menggunakan framework Slim pada project, kita dapat membuat file composer.json dengan isi sebagai berikut:

{
    "require": {
        "slim/slim": "2.*"
    }
}

Kemudian setelah membuat file composer.json kita buka terminal/command kemudian arahkan ke direktori dimana kita meletakan file composer.json kemudian ketik

composer install

Maka composer akan mengintall framework Slim PHP pada direktori vendor, untuk mempergunakan library kita tinggal menginclude file autoload.php pada file kita, seperti pada kode dibawah ini.

<?php
require 'vendor/autoload.php';

Untuk lebih tahu mengenai penggunaan apa itu composer dan penggunaannya lebih lanjut silahkan buka https://getcomposer.org/.

Mudah bukan penggunaannya, memang pada tutorial ini kurang menjelaskan namun composer ini berguna pada installasi kebanyakan framework pada saat ini seperti laravel dan fuelPHP.

Jangan lupa follow akun twitter @belajarngoding dan like BelajarNgoding di facebook ya.