Tutorial Programming Dasar: Nama Variabel

Ketika kita memulai sebuah perjalanan dalam mempelajari programming pasti kita selalu bertemu dengan materi tentang variabel. Variabel adalah sebuah container yang bisa dirubah nilainya pada saat tertentu. Pada saat ini kita menggunakan Visual Basic dan PHP sebagai programmingnya.

Pada PHP yang harus kita lakukan untuk mendeklarasi sebuah variabel adalah sebagai berikut

$teks = "Hello World!";
$nilai = 20;

Sedangkan pada Visual Basic yang umumnya dilakukan adalah sebagai berikut

Dim teks as String = "Hello World!"
Dim nilai as Integer = 20;

Alasan kita menggunakan sebuah variabel adalah karena kita membutuhkan sebuah container yang nantinya dapat kita rubah karena alasan tertentu. Sebagai contoh kita membutuhkan sebuah container yang menampung nama siswa, untuk itu kita dapat mendeklarasikan sebuah variabel dengan nama tertentu yang nantinya akan berisikan nama siswa.

Berikut beberapa saran didalam membuat sebuah nama variabel
1. Nama variabel harus menjelaskan isi dari variabel itu sendiri, sebagai contoh gunakan nama variabel “nama_siswa” untuk menampung data nama siswa.
2. Gunakan pemisah underscore atau “_” jika nama variabel terdiri lebih dari satu kata, sebagai contoh “nama_siswa” “nomor_telepon”.
3. Jika ingin menyingkat sebuah nama variabel pastikan singkatannya sudah umum seperti “telp” untuk telepon, “web” untuk website dan singkatan yang sudah umum lainnya
4. Sebisa mungkin hindari membuat sebuah variabel yang tidak pernah kita gunakan

Biasanya saya menggunakan keempat aturan sederhana diatas untuk mempermudah didalam membaca dan menulis sebuah code.

Jika ada yang pernah menerapkan cara lain bisa sharing di kolom komentar dibawah ini.