Bahasa Pemrograman terbaik di tahun 2021

berikut adalah list bahasa pemrograman terbaik di tahun 2021 :

bahasa pemrograman terbaik tahun 2021

1. Python

python bahasa pemrograman terbaik

Python dibuat pada tahun 1991 oleh Guido Van Rossum. Merupakan bahasa pemrograman yang paling diminati di tahun ini berdasarkan beberapa sumber yang telah penulis baca. Python sekarang banyak digunakan di platform – platform aplikasi berbasis website seperti youtube website, dropbox website dan lainnya. Berikut Alasan penulis memasukkan Python sebagai bahasa pemrograman terbaik yang harus dikuasai ditahun 2021 :

  • Pemrograman Python mudah dipelajari dengan sintaks yang sangat singkat. Karena baris kode sederhana, pengembang dapat mengedit dan memodifikasi program dengan lebih mudah dan menjalankan tes.
  • Mendukung beberapa sistem operasi yang mencakup Windows, Linux, dan iOS. Karena ini adalah bahasa tingkat tinggi, kode dapat dibuat di satu sistem dan dijalankan di sistem kedua. Meskipun mendukung sistem operasi Android juga tetapi kebanyakan digunakan untuk website dan desktop.
  • Ada lebih dari 200 modul standar di library-nya.
  • Framework Python terintegrasi dengan mudah dengan bahasa pemrograman lain sehingga pengembang perangkat lunak merasa mudah untuk mengembangkan aplikasi yang kompleks.
  • Python memungkinkan programmer melakukan Machine Learning yang kompleks. Sehingga, programmer dapat fokus pada pembuatan prototipe yang memfasilitasi pengujian untuk program Machine Learning.Pemrograman Python telah banyak digunakan oleh perusahaan teknologi terkemuka dunia, beberapa di antaranya termasuk Google, Facebook, Dropbox, dan IBM. Oleh karena itu, tidak heran Python menjadi bahasa pemrograman yang paling digemari oleh para programmer dunia.

2. JAVA

java

Bahasa Pemrograman Java mulai populer pada tahun 1996 dan sejak saat itu telah mempertahankan posisinya berkali-kali untuk menjadi pilihan bagi pengembangan aplikasi perusahaan. Alasaannya karena Java lebih stabil sehingga kami memeringkatnya di antara 5 teratas dalam daftar bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada tahun 2021.

  • Fitur Write Once Run Anywhere memungkinkan kode java untuk dibuat pada suatu platform dan kemudian dijalankan di platform lain.
    Popularitasnya yang sangat tinggi, karena pada awal pelirisan android, Google menggunakan Java untuk pengembangannya.
  • Java hadir dengan alokasi memori otomatis, fitur yang memastikan memori CPU yang cukup untuk digunakan oleh aplikasi lain.
    Fitur pengelola keamanan Java, menjadikannya bahasa yang aman untuk coding bagi programmer.
  • Di Java lah pengembang menemukan API ekstensif yang dengannya Anda dapat memulai berbagai tugas seperti jaringan, koneksi database, dll.
  • Dengan komputasi terdistribusi, pemrograman Java memungkinkan pertukaran informasi antara banyak komputer tanpa perlu mengembangkan API tambahan.
  • Multithreading memungkinkan bahasa pemrograman ini mengurangi kelambatan saat runtime. Fitur tersebut dan dukungan komunitas online yang kokoh menjamin banyak peluang untuk mengembangkan karier seorang programmer.

3. JavaScript

javascript

JavaScript merupakan salah satu dari tiga bahasa utama yang menopang kerja halaman web selain HTML dan CSS. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mempelajari JavaScript pada tahun 2021.

  • Digunakan untuk membuat elemen responsif pada halaman web yang mencakup animasi, game, menu, atau pemutar video.
  • JavaScript mendukung bagian depan halaman web. Namun aplikasi JavaScript tidak terbatas pada itu.
  • JavaScript dapat menjadi Back-end dari aplikasi, terutama dalam kasus aplikasi web dan server. Tidak hanya itu, aplikasi seluler juga dibuat dengan JavaScript.
  • Dengan adanya Framework seperti React dan Phonegap, JavaScript dapat digunakan untuk membuat aplikasi seluler.
  • Vue, Angular, dan React Native juga berbasis JavaScript adalah beberapa Framework JavaScript yang terkenal saat ini.
  • Unicorn masa kini seperti Uber, Paypal, dan Netflix menggunakan Node.js secara ekstensif. Mempelajari JavaScript akan menjadi investasi bijak waktu Anda dengan keuntungan eksponensial dari sudut pandang pekerjaan.

Baca JugaPengertian Bahasa Pemrograman

4. Go

Go Bahasa Pemrograman terbaik di Tahun 2021

Bahasa pemrograman Go dikembangkan oleh Google untuk mengatasi kegagalan bahasa lain yang digunakan oleh pengembang. Dengan melakukan itu. Tren bahasa pemrograman tahun 2021 menunjukkan minat yang meningkat untuk Go.

  • Upaya pengembangan di balik pembuatan Go, ingin mempertahankan karakteristik seperti pengetikan statis, efisiensi waktu proses, jaringan, multiprosesing, dan keterbacaan / kegunaan kode.
  • Go menampilkan kumpulan data besar dalam alur kerja yang mudah dipahami. Fitur terpentingnya adalah konkurensi, kemampuan program untuk menjalankan banyak tugas secara bersamaan. Tugas, meskipun merupakan bagian dari program tunggal yang lebih besar, berjalan tanpa mempengaruhi satu sama lain.
  • Saat bekerja dengan bahasa pemrograman lain, ada ketergantungan yang cukup besar pada paket pihak ketiga untuk komponen. Go menghilangkan ketergantungan luar ini dengan library standar yang kuat.
  • Selain itu, keamanan tipe, file sampah, dan pengetikan dinamis menambah daya tarik Go untuk pembuat kode.
  • Pembuat program membagikan pekerjaan mereka di Github untuk mendorong transfer pengetahuan bagi komunitas online.

5. Bahasa Pemrograman R.

R Bahasa Pemrograman terbaik Tahun 2021

Bahasa Pemrograman R adalah bahasa yang baru dan masih banyak diindonesia yang belum mengetahuinya. Selain itu, bahasa pemrograman R adalah salah satu bahasa komputasi yang paling banyak digunakan untuk pembelajaran mesin. Hasilnya, ini adalah salah satu bahasa pemrograman teratas yang sesuai untuk data science pada tahun 2021.

  • Karena bersifat open source, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan proyek Anda dan dengan mudah menambahkan paket untuk fitur tambahan.
  • Library R digunakan untuk membuat analisis statistik tingkat produksi yang diwakili dengan desain yang menarik secara visual, hal ini membuat visualisasi data bekerja dengan sangat cepat.
  • Analisis data terkadang dapat melibatkan kode untuk berinteraksi dengan database, yang tidak menjadi masalah bagi R karena memiliki beberapa paket yang memungkinkan interoperabilitas.
  • Lingkungan pengembangan komprehensif yang disediakan oleh R membuat pilihan default untuk pengembangan perangkat lunak.
    R juga dapat diterapkan untuk membuat aplikasi web.
  • Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk komputasi terdistribusi, di mana tugas-tugas didelegasikan ke node terpisah (mesin komputasi) untuk mengoptimalkan waktu pemrosesan. Karena R adalah bahasa yang ditafsirkan, maka R tidak memerlukan kompiler.
  • R juga digunakan dalam pembelajaran mesin untuk menjelajahi data. Itu dapat disinkronkan untuk bekerja dengan teknologi pemrosesan data seperti Apache Hadoop dan Spark. Dan jika fitur ini tidak cukup, Anda dapat memanfaatkan R untuk membuat laporan dalam format yang Anda pilih, baik itu PPT atau dokumen kata. Berkat fitur-fitur seperti itu, R adalah fitur reguler dari listicles semacam itu, baik itu 8 teratas, 10 teratas, atau 5 bahasa pemrograman teratas tahun 2021.

Baca Juga : Pengertian dan Sejarah Open Source

6. Swift

Swift Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

Bahasa pemrograman Swift dikembangkan oleh Apple Inc. dan diluncurkan pada tahun 2014 untuk menyediakan satu platform dengan aplikasi yang beragam dari aplikasi desktop dan seluler hingga layanan cloud dan pemrograman sistem. Beberapa top developer saat ini memilih belajar Swift untuk membuat resume mereka lebih mengesankan. Berikut Alasan penulis memasukkan Swift sebagai bahasa pemrograman terbaik yang harus dikuasai ditahun 2021 :

  • Dibangun dengan dasar-dasar Objective C. Objective-C menawarkan fleksibilitas, pengiriman dinamis, pemrograman yang dapat diperluas, dan late binding tetapi tidak menimbulkan masalah pada kinerja dan keamanannya.
  • Swift dirancang sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini. Pemrograman di Swift fleksibel dan cukup aman.
  • Swift lebih cepat dibandingkan dengan C, Objective C dan C ++. Anda dapat menulis modul baru di Swift yang terintegrasi dengan basis kode Objective-C yang ada. Swift sisi server dapat digunakan untuk berintegrasi dengan teknologi apa pun. Bahkan memungkinkan pengembang untuk menggunakan emoji dalam kode.
  • Sintaksnya sangat mirip dengan bahasa Inggris lisan dan enak dibaca serta mudah dipelajari pemula. Ini mencegah kesalahan tipe dalam kode.
  • Swift menawarkan manajemen memori otomatis dan penanganan kesalahan. Sama seperti Python, ini sangat skalabel dan memungkinkan penambahan fitur baru ke kode yang sudah ada sebelumnya.
  • Waktu pengembangan dapat ditempatkan pada mode jalur cepat jika Swift digunakan untuk front end dan back end, membuat berbagi kode lebih mudah dilakukan.

7. Kotlin

Kotlin Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

Pada 7 Mei 2019, Google menyatakan Kotlin sebagai bahasa pilihannya untuk pengembangan Android.

Sama seperti Apple yang membangun Swift untuk meminimalisir kekurangan dan kelemahan Objective-C, begitu pula Google, hanya dalam hal ini kotlin dikembangkan dari celah – celah yang ada Java. Berikut Alasan penulis memasukkan Kotlin sebagai bahasa pemrograman terbaik  yang harus dikuasai ditahun 2021

  • Sejak debutnya pada tahun 2011, Kotlin terus menumbuhkan basis loyalitas yang kuat dengan para pengembang yang menyadari keunggulan kotlin atas Java. Keunggulannya dianta lain dapat dilihat dari perspektif pengembang mencakup kelebihan beban operator, keamanan null, dan kelas data untuk beberapa nama.
  • Kotlin menawarkan sintaksis lean yang mudah ditulis dan dipahami yang diterjemahkan ke dalam volume kode yang 20% ​​lebih pendek dari Java, membuat pengalaman pemrograman ramah pengembang dan efisien.
  • Kode Java dapat berjalan di Kotlin dan sebaliknya, sehingga para developer sangat dipermudah dalam pembuatan aplikasi android.
  • Pembuat Kotlin mengemas bahasa pemrograman ini dengan kompiler lanjutan yang menjaga check and balances pada kompilasi dan waktu proses.
  • Diiklankan sebagai bahasa untuk pengembangan Android, ia hadir dengan fitur pemuatan yang meminimalkan waktu muat aplikasi, meningkatkan pengalaman pengguna.
  • Kotlin bebas lisensi, bersumber terbuka, dan mendorong pertukaran ide komunitas untuk pengembangan.

8. Scala

Scala Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

Bahasa Pemrograman Scala diperkenalkan kepada para penggemar komputasi komputer pada tahun 2004 untuk mengatasi kekurangan yang terdapat pada bahasa pemrograman Java. Bisa dibilang, dalam 16 tahun terakhir ini Scala telah melalui perjalanan panjang, Meskipun pada dasarnya Scala adalah bahasa yang berlandaskan pada Java, namun ia tetap masih diminati dan digunakan oleh banyak programmer di dunia. Berikut Alasan penulis memasukkan Scala sebagai bahasa pemrograman terbaik yang harus dikuasai ditahun 2021 :

  • Scala adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan fungsional. Scala adalah bahasa tipe statis yaitu variabelnya dideklarasikan dan ditentukan.
  • Memungkinkan kompiler untuk mengetahui nilai variabel pada waktu kompilasi. Dengan kata lain, Scala mengurangi masalah kinerja saat runtime.
  • Scala dibangun untuk dapat berjalan di Java Virtual Machine, yang membuatnya berintegrasi dengan Java dengan sangat mudah.
  • Sintaks pada Scala sangat mudah dipahami sehingga menjadi rekomendasi bagi para programmer pemula untuk belajar bahasa pemrograman.
  • Scala menawarkan opsi kompilasi yang ramah pengguna dengan kode yang siap dieksekusi di browser web dengan kompiler Scala.js.
  • Bahasa pemrograman Scala memiliki fitur unik yang disebut Evaluasi Malas. Teknik ini mengevaluasi nilai hanya jika ada kebutuhan, membuat Scala cepat dan efisien.
  • Dengan fitur seperti Future dan Promises, data dapat diproses secara paralel sehingga bahasa pemrograman zaman baru ini menemukan banyak aplikasi dalam analitik Big Data.
  • Bisnis bernilai miliaran dolar seperti Netflix, LinkedIn, dan Twitter menggunakan Scala dalam aplikasi mereka.

Penutup

Keputusan untuk memilih bahasa pemrograman sebenarnya tergantung dari motif untuk apa tau apa yang akan anda buat dengan bahasa tersebut. Tren yang meningkat dari bahasa pemrograman open source membuat pembuat kode muda mempelajari seluk-beluknya dengan Swift, Kotlin, Scala & R. Tetapi ini tidak berarti bahasa pemrograman lain (tidak termasuk daftar ini) tidak penting. Bahasa pemrograman seperti :Rust, bahasa pemrograman Ruby, PHP, HTML dan C / C ++ juga merupakan bahasa yang masih bagus untuk dipelajari, bahkan bahasa C sering menjadi pelajaran penting di awal semester di perkuliahan.

Leave a Comment