5 Text Editor Terbaik untuk Ngoding

Kali ini kita akan membahas tentang text editor, masih ada yang tidak tau apa itu text editor? text editor adalah program pengolah  apa pun yang dapat Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit teks. Nah kenapa penulis membahas text editor ini… Karena setiap real programmer ( bukan script kiddie ya :v ) pasti minimal membutuhkan text editor untuk melakukan pemrograman.

Apa saja text editor terbaik menurut belajarngoding.com, berikut ulasannya :

5 Text Editor Terbaik

 

1. Vim

vim text editor

Vim dikembangkan oleh Bram Moolenaar, awalnya text editor ini dikembangkan untuk Unix. Bagi Kalian para pengguna Linux pasti sudah tidak asing dengan text editor satu ini. Vim ini adalah salah satu text editor yang bersifat open source.

Vim text editor untuk pemrograman

Salah satu yang menarik dari Vim ini adalah ia memiliki fitur riwayat edit dimana ketika terjadi kesalahan kita bisa memeriksa dan kembali ke riwayat edit yang kita inginkan.

Saya sendiri saat ini masih belum menggunakan Vim. Tetapi dulu sempat menggunakan Vim ketika masih kuliah dan merasa sangat susah menggunakannya. Mungkin bagi kalian yang sudah mahir atau baru belajar menggunakan Vim bisa share pengalamannya di kolom komentar.

2. Visual Studio Code

Visual Studio Code text editor untuk pemrograman

 

Visual Studio Code adalah text editor yang dikembangkan oleh Windows, merupakan text editor bersifat Open Source. Text editor ini memiliki banyak sekali fitur yang menarik, beberapanya adalah integrasi project dengan Git dan Di VSC (Saya singkat saja ya…) kita lebih dipermudah ketika proses debugging dan bisa mengakses terminal dari VSC dengan gampang tanpa harus membuka cmd(kalau di windows..).

Visual Studio Code text editor untuk pemrograman

Setelah lulus kuliah  saya mulai menggunakan text editor ini, karena menurut saya lebih komplit dan lebih enak menggunakannya, fitur yang lengkap, debugging lebih gampang dan tentunya integrasi dengan Git yang sangat mempermudah saya.

3. Sublime Text

Sublime Text text editor untuk pemrograman

Sublime Text termasuk di dalam text editor yang mendukung berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Jadi tidak masalah jika Anda mengerjakan pengembangan aplikasi menggunakan beberapa sistem operasi yang berbeda-beda.

Linux merupakan sistem operasi yang paling kompatibel dengan Sublime Text, performanya lebih maksimal di sistem operasi ini. Fungsi pencarian Sublime Text dapat bekerja lebih optimal di Linux karena terdapat

Keunggulan lain dari Sublime Text adalah cepat dan dapat digunakan bahkan di perangkat dengan resource yang kecil. Sublime Text juga memungkinkan Anda untuk menambah fitur dengan menginstall plugin. Anda bisa menginstall beberapa plugin apabila mempunyai resource yang cukup.

Sublime Text dapat Anda gunakan secara gratis dengan batasan waktu. Namun Sublime Text juga menyediakan fitur premium yang hanya bisa Anda gunakan jika melakukan pembayaran. Biayanya sekitar 70 US Dollar untuk mendapatkan lisensi penuh.

4. Notepad ++

Notepad++ text editor untuk pemrograman

Siapa yang tidak kenal Notepad? Text editor bawaan Windows ini sering dimanfaatkan untuk membuat file txt atau mengetik catatan ringan. Sedangkan Notepad++ merupakan pengembangan dari Notepad bawaan Windows.

Notepad++ text editor untuk pemrograman

Notepad++ menyediakan fitur tambahan yang lebih modern dan canggih. Notepad hanya menggunakan tampilan menu yang simpel dengan latar putih, sedangkan di Notepad++ Anda akan melihat banyak pilihan menu dan ikon.

Anda bisa melakukan banyak hal menggunakan Notepad++. Aplikasi ini bisa membaca berbagai macam bahasa pemrograman. Tersedia juga menu plugin untuk menambah fitur.

Notepad++ menggunakan tampilan jendela tab. Fitur ini akan sangat berguna ketika Anda membuka beberapa file dalam satu waktu. Terdapat juga tampilan susunan file yang sedang Anda buka sehingga memberikan informasi posisi file di dalam folder kerja.

Selain fitur-fitur di atas, fitur lain yang cukup bermanfaat adalah shortcut customization, text-shorteningmacro recordingauto-completion, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang membutuhkan text editor yang ringan dengan kebutuhan yang terbatas, Notepad++ merupakan pilihan tepat. Bagaimana dengan lisensi? Tenang, Notepad++ dapat Anda gunakan secara gratis.

5. Emacs

Emacs text editor untuk pemrograman

Emacs merupakan text editor yang cukup populer bagi pengguna Linux di seluruh seluruh dunia. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan pada 1976 oleh GNU Project yang didirikan Richard Stallman.

Emacs text editor untuk pemrograman

Emacs ditulis dengan menggunakan Lisp dan bahasa pemrograman C. Meskipun dengan keterbatasan ini, Emacs mempunyai fitur yang cukup banyak seperti tampilan debugger, email, dan berita. Uniknya di dalam aplikasi ini terdapat file manager yang dapat Anda gunakan untuk bermain tetris. Selain itu, Emacs juga mendukung Subversion, bzr, git, hg, dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemrograman

Penutup

5 Text editor diatas adalah 5 text editor yang paling populer versi penulis ya… Bagi yang memiliki versi sendiri silahkan komentar dibawah Top 5 Text Editor untuk pemrograman menurut kalian…

 

Leave a Comment